Pada hari Jum’at 21 Juli 2023, Departemen  Matematika UM  menyelenggarakan seminar  kewirausahaan yang mencakup  sasaran warga FMIPA dengan  judul “Strategi Bisnis untuk  Meningkatkan Minat  Entrepreneurship Mahasiswa  FMIPA” di Gedung B24 ruang 302.  Seminar kali ini dihadiri oleh dua  orang narasumber yaitu Navis Nur  Ilmiyah, S. Si., M. Si. selaku  pebisnis dan Kridha  Pusawidjayanti, S. Si., M. Si.  selaku dosen dari Departemen  Matematika. Dalam kesempatan  ini, kedua narasumber  menyampaikan materi terkait  pentingnya memulai bisnis untuk  mahasiswa serta personal  branding dan teknik marketing

Kegiatan seminar dimulai dengan  pembukaan, lalu dilanjutkan  dengan pemaparan materi, dan  diakhiri dengan sesi tanya jawab.  Materi pertama yakni pentingnya  memulai bisnis disampaikan oleh  pemateri: Kridha Pusawidjayanti,  S. Si., M. Si. berisi tentang  mengapa mahasiswa harus  memulai bisnis sejak masih dalam  masa perkuliahan. Fakta di  lapangan menunjukkan bahwa  masih sangat banyak lulusan  perguruan tinggi yang tidak  memiliki pekerjaan. Oleh karena  itu, mahasiswa harus berani  memulai bisnis agar ketika lulus  nanti tidak perlu repot mencari  pekerjaan. Di samping itu, ada  pula beberapa faktor pendukung  memulai bisnis bagi mahasiswa  atau anak muda di antaranya 1)  memiliki energi yang besar dan  bugar secara fisik, 2) memiliki  banyak waktu 3) memiliki banyak  kebutuhan, 4) memiliki ide-ide  cemerlang, dan 5) lebih melek  teknologi. Akan tetapi, biasanya  ditemukan beberapa kesalahan  pada pebisnis pemula yakni tidak  punya ilmu bisnis, ikut-ikutan,  tidak memiliki tujuan yang jelas,  ingin cepat sukses, mengabaikan  konsumen, mudah berutang, buta  finansial, dan banyak gaya.

Materi  kedua yakni personal branding dan teknik marketing disampaikan oleh pemateri: Navis  Nur Ilmiyah, S. Si., M. Si. berisi  tentang apa itu personal branding dan bagaimana cara memasarkan  produk bisnis yang dimiliki.  Personal Branding adalah  bagaimana kita ingin dikenal  sebagai subjek tertentu di  hadapan publik dan sebuah seni  membentuk perspektif orang lain  atas diri kita sendiri. Personal  Branding dibangun guna  membangun kepercayaan dan  memperbesar kesempatan.  Langkah memulai mem-branding diri dapat dimulai dengan gali  kompetensi yang dimiliki dan  tunjukkan karya/ kelebihan kita  bukan hanya banyak  menceritakan atau banyak bicara.  Untuk memasarkan produk bisnis  ada beberapa cara di antaranya  digital marketing, pemasaran  konvensional, dan kombinasi  antara keduanya. Bisnis itu  dimulai dengan nekat, jalani  dengan tekad, dan di kemudian  hari akan menjadi bakat. Kegiatan ini juga mendukung SDG’s mendukung SDGs dengan tujuan 1 (tanpa kemiskinan), 2 (tanpa kelaparan), 5 (kesetaraan gender), 8 (pertumbuhan ekonomi), 9  (industri)