Dalam upaya meningkatkan kualitas capaian Universitas Negeri Malang (UM) sebagai World Class University (WCU), lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM memberikan kesempatan kepada para dosen yang berpendidikan S3 untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri yang termasuk kategori QS Top 100 Program ini dinamakan Research Staff Exchange (RSE) yang bertujuan untuk menghasilkan peneliti UM bereputasi internasional, memperluas jaringan kerjasama riset, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasi di jurnal internasional bereputasi, serta meningkatkan peringkat UM di QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Ranking).

Salah satu pemenang dalam program kompetisi RSE ini adalah Dr. Tomi Listiawan, S.Si., M.Pd. Beliau merupakan dosen Departemen Matematika FMIPA UM. Tomi selanjutnya menggandeng 2 peneliti mitra dari Beijing Normal University (BNU) China yaitu Prof.Yiming Cao dan Tommy Tanu Wijaya, M.Sc., Ph.D. Program RSE ini berlangsung pada 21-26 April 2024.

“Program kolaborasi publikasi hasil riset dengan peneliti luar negeri ini sangat bermanfaat bagi dosen UM untuk meningkatkan kualitas luaran hasil penelitian, sekaligus memberikan manfaat untuk memperluas jalinan kerjasama luar negeri utamanya dengan kampus-kampus yang memiliki peringkat QS 100 dunia baik secara isntitusi maupun by subject” ujar Dr. Tomi. 

Kesempatan kolaborasi dengan peneliti luar negeri ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Dr. Tomi untuk meningkatkan kualitas luaran hasil penelitian dan menghasilkan draft artikel jurnal internasional bereputasi yang berjudul “Teachers’ Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Generating Ideas of Decision-Making Process in Teaching (and Learning) Activities using Geogebra”.

Kolaborator penelitian Prof. Yiming Cao, dan Tommy Tanu Wijaya, Ph.D., banyak memberikan masukan tentang bagaimana meningkatkan kualitas penulisan artikel jurnal internasional sehingga layak di publikasi di jurnal internasional bereputasi. Dari kegiatan ini juga terjalin komitmen untuk terus menjalankan kolaborasi ke depan baik itu dalam skema penelitian kerjasama luar negeri, kuliah tamu, maupun kolaborasi publikasi luaran penelitian.

Terlaksananya program RSE ke perguruan tinggi peringkat 18 dunia versi QS (subject: education and training) ini menjadi bukti nyata bahwa UM sangat berkomitmen kuat mendukung Program Sustainable Development Goals (SDGs). Program RSE ini mendukung tujuan SDGs ke-4 yaitu pendidikan berkualitas, dimana pelibatan dosen dalam kolaborasi dengan perguruan tinggi di luar negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di UM berkelas internasional, dapat memperluas jaringan kerjasama riset, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasi di jurnal internasional bereputasi dan pada akhirnya meningkatkan peringkat UM di QS WUR (Quacquarelli Symonds World University Ranking). Tidak hanya itu, program RSE juga mendukung SDGs ke-17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan, dimana kegiatan promosi kerjasama internasional antara UM dan institusi pendidikan tinggi lainnya yang termasuk dalam QS Top 100. Kolaborasi ini memperluas jaringan kemitraan global UM dan pertukaran pengetahuan serta praktik terbaik dalam penelitian dan pendidikan.