1. Visi Keilmuan
Penyelenggara Pendidikan Matematika yang unggul dan rujukan dalam mengembangkan teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika di Kawasan Asia Tenggara pada Tahun 2030.
2. Misi Keilmuan
Misi Program Doktor Pendidikan Matematika disusun sebagai upaya sistematis untuk mencapai visi keilmuan melalui kegiatan tridarma perguruan tinggi sebagai berikut:
- Mengembangkan pendidikan program doktor pendidikan matematika untuk mengembangkan kapabilitas peserta didik sehingga mempunyai integritas dan kompetensi dalam bidang teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika, serta mempunyai kemampuan kepemimpinan akademik, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan jaman.
- Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika, khususnya dalam bidang teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika, melalui penelitian yang sistematis, dengan mengikuti perkembangan jaman, dan berkelanjutan, sehingga berkontribusi pada pengembangan pendidikan matematika di tingkat nasional dan internasional.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan matematika dalam ruang lingkup lokal dan nasional berbasis kebutuhan dan hasil penelitian, yang juga bermanfaat untuk meningkatkan relevansi penyelenggaraan program doktor pendidikan matematika pada bidang pengembangan teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika
D. Tujuan Program Studi
Berdasarkan visi dan misi keilmuan yang telah ditetapkan, Program Doktor Pendidikan Matematika merumuskan tujuan program studi sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional di bidang kependidikan matematika yang bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, mandiri, memiliki komitmen, dan mampu berkembang secara profesional pada pengembangan “teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika”
- Menghasilkan karya akademik dibidang kependidikan matematika yang bermutu dan unggul pada pengembangan “teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika”
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan keilmuan dan teknologi bidang kependidikan untuk mewujudkan Pendidikan yang berkualitas terutama pada pengembangan “teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika”
E. Profil Lulusan
Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), profil lulusan Program Doktor Pendidikan Matematika FMIPA UM adalah doktor pendidikan matematika yang mampu:
- Mengembangkan pengetahuan matematika dan pendidikan matematika atau praktik Pendidikan matematika melalui riset pengembangan teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
- Memecahkan permasalahan Pendidikan matematika melalui pengembangan teori kognitif, model dan asesmen pembelajaran matematika dengan pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
- Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi matematika dan Pendidikan matematika, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
F. Struktur Kurikulum dan Sebaran Matakuliah
No |
Matakuliah |
SKS |
JS |
Semester |
||||||
Sandi |
Nama |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
I. PROGRAM PERKULIAHAN A. Matakuliah Dasar Keilmuan (MKDK)- 4 SKS |
||||||||||
1 |
UNIVUM9001 |
Filsafat Ilmu Philosophy of Science |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
2 |
UNIVUM9002 |
Wawasan Pendidikan Philosophy of Knowledge |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
B. Matakuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) – 14 SKS B1. Matakuliah Bidang Studi |
||||||||||
1 |
PMATUM9001 |
Desain Penelitian Pendidikan Matematika Research Design in Mathematics Education |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
2 |
PMATUM9002 |
Analisis Data Penelitian Pendidikan Matematika Data Analysis in Mathematics Education Research |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
3 |
PMATUM9003 |
Psikologi Kognitif Belajar Matematika Cognitive Psychology in Learning Mathematics |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
4 |
PMATUM9004 |
Kajian Matematika Sekolah Study of School Mathematics |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
5 |
PMATUM9013 |
Kajian dan Pengembangan Pembelajaran Matematika Study of Teaching Mathematics and Its Development |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
B2. Matakuliah Peminatan (boleh diambil oleh mahasiswa prodi lain) |
||||||||||
1 |
PMATUM9006 |
Teori Fuzzy* Fuzzy Theory |
2 |
2 |
V |
|
|
|
|
|
2 |
PMATUM9007 |
Analisis* Analysis |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
3 |
PMATUM9008 |
Aljabar* Algebra |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
4 |
PMATUM9009 |
Matematika Diskrit* Discrete Mathematics |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
5 |
PMATUM9010 |
Kapita Selekta Matematika Sekolah** Kapita Selekta in Mathematics School |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
6 |
PMATUM9011 |
Asesmen Pembelajaran Matematika** Assessment in Mathematics Instruction |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
7 |
PMATUM9012 |
Kajian Penelitian Pendidikan Matematika** Study of Mathematics Education Research |
2 |
2 |
|
V |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. MATAKULIAH KELOMPOK DISERTASI (24 SKS) |
||||||||||
1 |
PMATUM9014 |
Penunjang Disertasi I*** Auxiliary Dissertation I |
2 |
2 |
|
|
V |
|
|
|
2 |
PMATUM9015 |
Penunjang Disertasi II*** Auxiliary Dissertation II |
2 |
2 |
|
|
V |
V |
|
|
3 |
PMATUM9099 |
Pengembangan Proposal Disertasi Dissertation Proposal Development |
4 |
4 |
|
|
V |
|
|
|
4 |
PMATUM9100 |
Disertasi Dissertation |
16 |
16 |
|
|
|
|
V |
V |