Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) melalui Jurusan Matematika akan mengadakan Workshop Online Mendesain Pembelarajaran Daring untuk Guru SMP dan SMA. Workshop tersebut akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 – 28 Juni 2020. Peserta workshop diutamakan untuk Guru Matematika SMP/SMA sederajat. Pemateri dalam workshop adalah Syaiful Hamzah Nasution, Darmawan Satyananda, dan Mohammad Agung (ketiganya adalah dosen Jurusan Matematika FMIPA UM). Materi yang akan disampaikan adalah: (1) Konsep Pembelajaran Daring, (2) Learning Management System (LMS): Moodle, Google Classroom, Schoology (Fokus pembahasan pada Schoology), (3) Tools untuk kolaborasi online: Microsoft Whiteboard, Jambroad, GeoGebra, dan (4) Membuat Konten Video Pembelajaran yang diunggah di Youtube.

Workshop ini tidak dipungut biaya. Peserta workshop dibatasi sampai 450 orang (Karena banyaknya peminat, pada hari Jumat, 19 Juni 2020 panitia menambah kuota peserta). Workshop dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi zoom. Bagi Ibu/Bapak guru Matematika SMP/SMA sederajat yang berminat untuk mengikuti kegiatan workshop ini dapat mendaftar dengan langkah pendaftaran sebagai berikut.

  1. Melakukan registrasi zoom melalui join link berikut:
    https://bit.ly/pendaftaranworkshopfmipaum
  2. Mengisi formulir untuk data sertifikat melalui link:
    ps://bit.ly/workshopfmipaum

Bagi peserta yang telah mendaftar dapat bergabung dalam grup WA Worskhop Mendesain Pembelajaran Daring melalui invite link berikut.
https://chat.whatsapp.com/JKE7pUe9aaY2BeHhWxS3LP
Bagi Ibu/Bapak yang tidak bisa bergabung dalam grup WA, bisa bergabung dalam grup Telegram (lihat No. 2 dalam Tatacara Pelaksanaan Workshop).

Ketentuan Mendapatkan e-Sertifikat:

Sertifikat diberikan kepada peserta yang mengikuti Workshop dan menyelesaikan tugas workshop.

Tatacara Pelakanaan Workshop.

  1. Pastikan Ibu/Bapak sudah mendaftar di Google Form : https://bit.ly/workshopfmipaum dan telah mengisi data dengan benar. Data yang Ibu/Bapak isikan Kami jadikan acuan dalam pemberian sertifikat.
  2. Ibu/Bapak yang sudah mendapatkan link zoom melalui email, silahkan bergabung di zoom tersebut. Oleh karena kapasitas yang kami miliki untuk zoom adalah 500 orang, 500 peserta yang login terlebih dahulu yang dapat bergabung dalam zoom. Bagi Ibu/Bapak yang tidak bisa bergabung dalam zoom, dapat mengikuti Live Streaming di Youtube. Link Live Streaming akan kami informasikan melalui grup di aplikasi Telegram.
    Bagi Ibu/Bapak yang ingin bergabung dalam grup Pembelajaran Daring di Telegram, dapat mengunjungi link berikut: https://t.me/joinchat/MakpBRhLkAI-V_wB0tC9Ow
  3. Semua materi, diskusi tentang tugas yang diberikan, dan pengumpulan tugas dilakukan secara online dengan menggunakan schoology. Materi dapat diakses mulai hari Rabu, 24 Juni 2020. Berikut Kami berikan panduan untuk bergabung dalam schoology.
    Kode Akses untuk Schoology : XB2D-6NGD-QS2GF
  4. Sertifikat diberikan kepada peserta workshop yang mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Panduan Bergabung dalam Kelas Workshop Mendesain Pembelajaran Daring di Schoology

Tools yang digunakan dalam workshop

  1. Schoology
    Schoology merupakan salah satu LMS yang mudah dipelajari dan banyak digunakan. Schoology dapat dijalankan menggunakan browser dan dapat diinstal dalam HP Android (download dari Playstore).
    Schoology dapat diakses melalui laman: https://schoology.com
  2. Snipping Tool
    Aplikasi ini merupakan software bawaan dari Windows. Snipping Tool digunakan untuk mengcapture screen pada komputer untuk dijadikan file gambar. Pengguna Windows 7, 8, dan 10 dapat memanfaatkan fasilitas ini.
  3. Microsoft Whiteboard
    Microsoft Whiteboard adalah papantulils digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran onilne. Dapat digunakan oleh beberapa orang ketika online.
    Bagi Anda pengguna Windows 10, Microsoft Whiteboard dapat diunduh melalui Microsoft Store.
    link alternatif untuk download : https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/microsoft-whiteboard/digital-whiteboard-app
  4. Jambroad
    Sama seperti Microsoft Whiteboard, Jambroad dapat difungsikan seperti papantulis digital. Jambroad merupakan aplikasi bawaan Google.
  5. GeoGebra
    Aplikasi GeoGebra merupakan aplikasi matematika powerfull dalam pembelajaran matematika.
    Aplikasi GeoGebra dapat diunduh di laman : https://www.geogebra.org/download