Jurusan Matematika UM melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan judul “Pelatihan Penggunaan Geogebra dan Powtoon” untuk guru-guru MGMP Matematika SMP Kota Blitar. Tim PkM Jurusan Matematika terdiri dari dosen Jurusan Matematika UM yaitu Prof. Purwanto, Ph.D, Dr. Hery Susanto, M.Si, Dr. Abd. Qohar, M.T, Mohamad Agung, M.Sc, Dr. Desi Rahmadani, M.Si, Mochammad Hafiizh, Ph.D, dan Rissa Asdiyanti, M.Si, dan dari mahasiswa yaitu Ghiffary Ramadhana Fauziah, S.Si, Humairoh Fauziah Romli, Susi Mustika, dan Muhammad Fathul Ilmi. PkM ini didanai oleh PNBP Fakultas MIPA, UM.

Pandemi COVID 19 yang masih terjadi pada Oktober 2020 berdampak masih tidak diperbolehkannya pertemuan tatap muka yang melibatkan banyak orang, terutama terkait bidang pendidikan. Keluarnya kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat edaran no 4 tahun 2020 yang menyatakan bahwa proses belajar dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh membuat PkM yang dilakukan oleh Jurusan Matematika UM harus secara virtual juga.

Pada masa pembelajaran daring ini, tidak sedikit guru yang kesulitan untuk menyampaikan materi matematika kepada peserta didik. Salah satu alternatif pembelajaran daring adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Contohnya adalah dengan membuat video pembelajaran berupa animasi. Tim PkM Jurusan Matematika UM memilih Geogebra dan Powtoon sebagai salah satu sarana pembelajaran matematika yang sangat menarik untuk masa pembelajaran daring.

Pelatihan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom pada hari Sabtu, tanggal 10 Oktober 2020 mulai jam 08.00 WIB sampai selesai. Para peserta adalah guru-guru MGMP Matematika SMP Kota Blitar. Peserta yang mendaftar sebanyak 50 lebih. Peserta yang mengisi daftar hadir sebanyak 45 orang.

Kegiatan ini dipandu oleh Susi Mustika sebagai MC. Pertama adalah sambutan dari ketua tim PkM Jurusan Matematika yaitu Bapak Prof. Purwanto, Ph.D dan sambutan dari ketua MGMP Matematika SMP Kota Blitar yaitu Bapak Dwi Suprianto, M.Pd, serta sambutan dari Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Blitar, yaitu Ibu Esti Widasih, S.E, M.M. Sebelum acara inti, dilakukan pembacaan doa oleh Mohammad Fathul Ilmi.

Penyampaian materi tentang Geogebra secara teknis dipresentasikan oleh Bapak Mohamad Agung, M.Sc, lebih dikuatkan lagi materi tentang penggunaan geogebra pada pembelajaran matematika oleh Bapak Dr. Hery Susanto, M.Si, dan Bapak Dr. Abd. Qohar, M.T. Setelah itu, dilakukan tanya jawab. Peserta sangat antusias sekali terhadap materi geogebra. Hal ini terlihat dari munculnya beberapa pertanyaan yang diajukan. Misalnya apakah geogebra bisa disinkronisasikan dengan google classroom?

Materi berikutnya tentang Powtoon dipresentasikan secara bergantian oleh Ghiffary Ramadhana Fauziah, S.Si, Humairoh Fauziah Romli, dan Muhammad Fathul Ilmi. Materi ini meliputi overview menu-menu yang ada di Powtoon. Kemudian aplikasinya dalam pembelajaran matematika. Topik yang dijadikan sebagai contoh penggunaan Powtoon adalah materi irisan dua himpunan pada diagram Venn. Antusias peserta juga sangat tinggi. Hal ini terlihat dengan beberapa pertanyaan yang diajukan.

Beikut hasil kuesioner yang dibagikan tim PkM kepada 45 peserta di akhir acara.


Berdasarkan hasil kuesioner, hanya 38% peserta yang menyatakan waktu pelatihan perlu ditambah. 50% peserta menyatakan pelatihan sangat penting dilakukan. Sebanyak 64.4% peserta yang menyatakan puas terhadap kegiatan pelatihan ini. Banyak yang memberikan komentar sangat puas, sangat bermanfaat, menambah wawasan, atau materi kurang banyak. Beberapa saran yang penting untuk evaluasi kami adalah penyampaian materi yang cepat, lebih banyak waktu untuk diskusi, dan ada satu peserta yang setting audio zoom-nya tidak bisa. Kami akan mengevaluasi saran dan komentar dari peserta untuk kegiatan ke depannya.

Akhirnya, tim PkM Jurusan Matematika menyampaikan terima kasih banyak atas partisipasi Bapak dan Ibu Guru MGMP Matematika SMP Kota Blitar. Ke depannya, besar harapan tim PkM untuk tetap bekerjasama. Terima kasih untuk Pemateri, serta tim yang bekerja di balik layar dalam mensukseskan pelatihan kali ini. Terima kasih juga diucapkan kepada pihak sponsor, yaitu PNBP Fakultas MIPA, UM.

Berikut lampiran foto-foto kegiatan:


Foto 1. Ucapan selamat datang kepada para peserta.


Foto 2. Sambutan dari Bapak Prof. Purwanto, Ph.D


Foto 3. Sambutan dari Bapak Dwi Suprianto, M.Pd selaku ketua MGMP Matematika SMP Kota Blitar.


Foto 4. Sambutan dari Ibu Esti Widasih, S.E, M.M, selaku Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Blitar.


Foto 5. Penyampaian Materi oleh Bapak Mohamad Agung, M.Sc.


Foto 6. Materi Geogebra oleh Bapak Mohamad Agung, M.Sc.


Foto 7. Penyampaian Materi oleh Bapak Dr. Hery Susanto, M.Si.


Foto 8. Penyampaian Materi oleh Bapak Dr. Abd. Qohar, M.T.


Foto 9. Materi Powtoon pada pembelajaran matematika.


Foto 10. Foto bersama (i).


Foto 11. Foto bersama (ii).


Foto 12. Foto bersama (iii).