Departemen Matematika

GENERAL OVERVIEW

Departemen Matematika, Universitas Negeri Malang adalah salah satu dari Departemen dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan Statuta Universitas Negeri Malang (PERMENRISTEKDIKTI NO 12 TAHUN 2018 tentang Statuta UM) dan Buku Pedoman Pendidikan UM Edisi 2020, Departemen Matematika merupakan unsur pelaksana akademik FMIPA Universitas Negeri Malang, yang tugas utamanya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dan/atau profesional dalam kelompok disiplin kependidikan dan keilmuan bidang matematika. Kelompok disiplin kependidikan diwadahi dalam Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, dan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika. Sedangkan kelompok disiplin keilmuan bidang matematika diwadahi dalam Program Studi Sarjana Matematika dan Program Studi Magister Matematika. Program Studi S1 Pendidikan Matematika dan S1 Matematika memperoleh erakreditasi A dari BAN PT dan akreditasi Internasional dari Lembaga ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran Departemen Matematika

Visi

Menjadi Departemen yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan pembelajarannya.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika, baik kependidikan maupun nonkependidikan, yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan matematika, baik kependidikan maupun nonkependidikan, yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Tujuan

1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk menghasilkan sarjana matematika dan pendidikan matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang matematika dan pendidikan matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Departemen Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Departemen Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Departemen Matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Departemen Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Departemen Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan Departemen Matematika dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

Sasaran

1. Terciptanya sarjana matematika dan pendidikan matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang matematika dan pendidikan matematika.
  2. Terciptanya fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Departemen Matematika FMIPA UM.
  3. Terciptanya iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Departemen Matematika FMIPA UM.
  4. Terciptanya intensitas kegiatan Departemen Matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Terciptanya hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Terciptanya peran alumni sebagai partner Departemen Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Departemen Matematika FMIPA UM.
  7. Terciptanya kemampuan Departemen Matematika dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.