Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diperoleh oleh siswa sekolah merupakan ilmu dasar yang dapat digunakan pada segala bidang. Siswa sekolah harus paham suatu konsep untuk mempelajari konsep yang berikutnya. Sebagai contoh, pada jenjang SMA/SMK, siswa harus dapat menggambarkan grafik fungsi kuadrat untuk dapat memahami konsep limit fungsi dan seterusnya. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru di SMKN 3 Malang diperoleh informasi bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami materi grafik fungsi dan geometri ruang terutama dalam memvisualisasikan grafik dan bentuk benda ruang. Dari 6 guru Matematika di SMKN 3 Malang, semuanya tidak terbiasa membelajarkan materi grafik fungsi dengan menggunakan media visual berbantuan komputer. Melihat hal tersebut Jurusan Matematika mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan guru matematika dalam mengembangkan media visual grafik dan geometri ruang. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media visual grafik dan geometri ruang. Sasaran pelatihan dan pengembangan ini adalah guru-guru SMK di Kota Malang sebanyak 50 guru matematika SMK Kota Malang. Adapun tim pengabdian adalah (1) Indriati Nurul H.,S.Pd.,M.Si  (2) Lucky Tri O., S.Si, M.Kom, (3) Mahmuddin. Yunus, S.Kom, M.Cs , (4) Dr. Sudirman, M.Si, dan (5) Trianingsih Eni L, S.Si,M.Si.

Pelaksanaan  terdiri dari workshop I, implementasi di sekolah dan workshop II. Workshop I dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2019 di aula SMKN 3 Malang. Dimana diberikan materi tentang Rancangan pembelajaran matematika berbantuan komputer serta media matematika berbantuan komputer serta pembagian kelompok  untuk penyusunan RPP dan implementasi.

Pelaksanaan implementasi disekolah setelah RPP yang telah dilakukan sudah divalidasi. Implementasi dilaksanakan di SMK-SMK di Kota Malang. Implementasi dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Berikut beberapa foto kegiatan implementasi RPP di kelas.

Implementasi RPP di SMK Negeri 5 Malang
Implementasi RPP di SMK Negeri 7 Malang

Setelah workshop 1 dan implementasi dilakukan, kegiatan terakir dari pengabdian ini adalah  workshop 2. Workshop II dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019 di aula SMKN 3 Malang. Pada kegiatan ini difokuskan pada refleksi kegiatan penyusunan RPP dan implementasi RPP. Setiap kelompok memaparkan proses dan kendala saat penyusunan RPP dan implementasi RPP.

Kegiatan Workshop II

Kegiatan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer, khususnya media visual untuk materi grafik dan dimensi tiga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Karena kegiatan ini berdampak  positif bagi guru dan siswa maka kegiatan pelatihan dan pendampingan semacam ini dapat dilaksanakan pada periode-periode berikutnya dengan tema yang lain.