Setiap guru wajib melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Salah satu kompetensi yang harus dalam hal ini adalah setiap guru harus memiliki karya pengembangan profesi. Namun sayangnya masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan suatu karya khususnya melakukan penelitian dan mempublikasikan karya ilmiah. Agar Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dapat dilaksanakan dengan baik maka permasalahan tersebut perlu diselesaikan dengan segera. Dengan demikian diperlukan usaha dalam bentuk suatu kegiatan untuk memberikan motivasi, pemahaman dan gambaran tentang penulisan karya ilmiah kepada para guru matematika (khususnya guru SMP) di Kota Malang.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan MGMP Matematika SMP Kota Malang mengadakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pendampingan berkaitan dengan penulisan dan publikasi karya ilmiah kepada guru matematika SMP di Kota Malang. Bentuk kegiatan tersebut berupa workshop dan konsultasi karya ilmiah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 25 September 2021 dan 16 Oktober 2021. Kegiatan diikuti oleh 16 guru matematika SMP Kota Malang dan dilaksanakan di SMP N 24 Malang. Tim dosen Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang selaku pelaksana kegiatan diketuai oleh Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si., M.Pd dengan anggota Vita Kusumasari, S.Si, M.Pd, Ph.D, Dra. Ety Tejo D.C, M.Pd, Syaiful Hamzah Nasution, S.Si, M.Pd, Mohammad Agung, S.Pd, M.Sc, Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si, Dr. Slamet, M.Si, dan Dr. Erry Hidayanto, M.Si.
Kegiatan diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Dr. Erry Hidayanto, M.Si selaku perwakilan tim dosen dan oleh Pembina MGMP Matematika SMP Kota Malang yaitu Drs Teguh Edy Purwanta dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim dosen Jurusan Matematika UM. Pada hari pertama, kegiatan workshop diisi dengan pengenalan tentang anatomi artikel ilmiah, bahan untuk penulisan artikel ilmiah, dan penggunaan zotero sebagai reference manager. Setelah acara kegiatan pertama, peserta pengabdian diminta untuk menyusun draft artikel ilmiah dan dikonsultasikan pada pertemuan kedua. Pada pertemuan kedua, peserta dikelompokkan ke dalam 5 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh tim dosen Jurusan Matematika UM. Peserta kemudian mengonsultasikan draft artikel yang telah disusun kepada tim pendamping kelompok masing-masing. Dari pelatihan ini diharapkan guru-guru mendapat wawasan dan pengalaman menulis artikel ilmiah dan dapat mempublikasikannya.