Pada tahun 2021 ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah resmi mengubah Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN). Asesmen Nasional tentunya sangat berbeda dengan Ujian Nasinal. Dalam Asesmen Nasional terdapat beberapa intrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Hal ini mengakibatkan para guru, khususnya guru SMP Laboratorium UM menjadi khawatir dikarenakan kurangnya bimbingan teknis yang dilakukan oleh Kementerian. Selain itu referensi baik dari internet maupun media cetak terkait dengan Asesmen Nasional masih sangat minim.
Salah satu dari instrumen yang digunakan dalam Asesmen Nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dimana didalamnya terdapat kompetensi dasar, yaitu membaca dan numerasi. Numerasi sangat erat kaitannya dengan matematika dan tentu saja Tim Pengabdian Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) memiliki kepakaran di bidang tersebut.

Untuk menjawab rasa kekhawatiran guru SMP Laboratorium UM, tim pengabdian Jurusan Matematika FMIPA UM melakukan pengabdian berjudul Pengembangan Soal Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru Matematika SMP Laboratorium UM. Pengabdian ini difokuskan pada kompetensi numerasi dalam AKM dan diikuti oleh seluruh guru matematika di SMP Lab Malang. Pelatihan ini dilakukan beberapa kali dan dilakukan secara daring maupun secara luring.
Pada tanggal 11 September 2021 pengabdian dilakukan dilakukan secara luring. Pelatihan tersebut dilakukan di SMP Lab Malang dan diikut seluruh guru matematika di SMP Lab Malang. Peserta mendapatkan banyak materi dan referensi terkait dengan AKM numerasi. Selain itu peserta juga dibimbing untuk mengembangkan soal AKM numerasi. Hal ini akan menambah wawasan para guru matematika SMP Lab Malang terkait dengan soal-soal AKM numerasi. Soal yang telah dikembangkan oleh peserta mendapatkan masukkan dari tim pengabdian Jurusan Matematika UM yang merupakan pakar di bidang tersebut.
Pengabdian yang dilakukan oleh tim Jurusan Matematika FMIPA UM mendapatkan antusiasme dari para guru. Mereka sangat senang karena mendapatkan wawasan terkait dengan AKM numerasi yang sebelumnya cukup sulit untuk didapatkan. Mereka juga mendapat pengalaman baru dalam mengembangkan soal Asesmen Nasional AKM Numerasi.