KBK Pengembangan Media

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pengembang Media merupakan salah satu KBK Pendidikan Matematika. KBK ini fokus pada kajian tentang pengembangan media pembelajaran matematika dan pengunggunaan media dalam pembelajaran matematika. Tema penelitian KBK Pengembang Media adalah : (1) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, (2) Penggunaan/Penerapan Software Matematika dalam Pembelajaran Matematika , dan (3) STS (Shallow Teacher Syndrome).

Personalia

Ketua KBK : Syaiful Hamzah Nasution, S.Si., M.Pd
Bidang Keahlian : Pendidikan Matematika, Media Pembelajaran Matematika, Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika.
Email : syaiful.hamzah.fmipa@um.ac.id
Sekretaris : Dr. Rustanto Rahardi, M.Si
Bidang Keahlian : Pendidikan Matematika, Media Pembelajaran Matematika.
Email : rustanto.rahardi.fmipa@um.ac.id
Anggota : Dr. Abd. Qohar, M.T
Bidang Keahlian : Pendidikan Matematika, Media Pembelajaran Matematika.
Email : abd.qohar.fmipa@um.ac.id

Payung Penelitian KBK Pengembangan Media

Tema Penelitian Penelitian Utama Penelitian
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika 1. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Manipulatif.

2. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer.
1. Pengembangan media pembelajaran inovatif.
2. Pengembangan Komik Matematika.
3. Pengembangan Permainan Matematika.
4. Pengembangan media pembelajaran yang menggunakan “limbah rumah tangga”.
5. Pengembangan media pembelajaran interatif menggunakan berbagai software/software matematika.
6. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android.
7. Pengembangan Game Matematika berbasis Android/Windows.
Penggunaan/Penerapan Software Matematika dalam Pembelajaran Matematika Penggunaan “Sofware Matematika” dalam pembelajaran. Penggunaan Software Matematika (GeoGebra, Maple, Cabri 3D, Mathematica, Geometer’s Sketchpad, dll) dalam pembelajaran matematika.
STS (Shallow Teacher Syndrome) Pemanfaatan Media Animatif-Interaktif untuk mengatasi “shallow teaching” 1. STS (Shallow Teacher Syndrome).
2. “Site in Teaching” untuk mengatasi “shallow teaching”
Perancangan Bahan Ajar yang “auto scaffolding” untuk mengatasi hallow teaching