Spesifikasi Prodi

Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
Jurusan : Matematika
Prodi : Pendidikan Matematika
Kode Prodi : 84202
Jenjang Pendidikan : S1
Jenjang Kualifikasi : 6
Gelar Lulusan : S.Pd
Akreditasi BANPT : A
Nomor Surat Keputusan Akreditasi : 1701/SK/BaN-PT/Akred/S1/VIII/2016
Berlaku sampai dengan tanggal : 26 Agustus 2021
Silahkan klik di sini untuk melihat akreditasi BANPT untuk Prodi S1 Matematika secara lengkap.

Visi

Visi Keilmuan Prodi S1 Pendidikan Matematika akan dicapai pada tahun 2030 adalah sebagai berikut: mengembangkan keilmuan dengan menekankan pada inovasi pembelajaran matematika, mengembangkan media pembelajaran matematika, mengembangkan keprofesionalan guru matematika, dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika yang berkelanjutan dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mendidik, mengembangkan media pembelajaran matematika, dan yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan matematika dan pendidikan matematika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika dengan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menghasikan karya akademik yang berbobot dalam bidang pendidikan matematika melalui penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan penerapan matematika dan pendidikan matematika yang berorientasi pada pember­dayaan masyarakat kegiatan dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan serta meningkatkan peran alumni sebagai partner dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan matematika yang kapabel dalam penguasaan konsep-konsep matematika, kapabel dalam mendidik dan membelajarkan matematika, kapabel membuat media pembelajaran matematika, dan kapabel melakukan penelitian pendidikan matematika dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan sosial budaya, serta memiliki jiwa entrepreneurship berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

Berdasarkan kebijakan Mendikbud berupa Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Permen Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 Pasal 5 Ayat 2, serta Standar Pendidikan Universitas Negeri Malang melalui Peraturan Rektor Nomor 16 Tahun 2016 maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi dinyatakan dalam Rumusan Capaian Pembelajaran (CP).

Berikut rumusan standar capaian pembelajaran lulusan (SCPL) program studi S1 Pendidikan Matematika:

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Kapabel menguasai konsep-konsep dasar matematika dan pendidikan matematika yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  4. Kapabel mengaplikasikan teknologi dan inovasi pembelajaran terkini di pendidikan dasar dan menengah serta mengelola dan melaksanakan pembelajaran atau pelatihan non formal yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  5. Kapabel merancang, membuat dan menggunakan/mengaplikasikan media pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif dengan jiwa entrepreneurship sesuai konteks permasalahan dan perkembangan teknologi informasi dan sosial budaya yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  6. Kapabel merancang, melaksanakan dan melaporkan penelitian di bidang pendidikan matematika menggunakan teknologi dan metode penelitian yang sesuai serta memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  7. Memiliki wawasan nilai dan pengetahuan keilmuan pendidikan dan pembelajaran baik secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai seorang pendidik yang kreatif, inovatif, aplikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era kehidupan yang global saat ini.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika terdiri dari kelompok Mata kuliah Dasar Pengembangan Karakter (MDPK) sebanyak 12 SKS, kelompok Mata kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) sebanyak 98 SKS dan kelompok Mata kuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (MPPD) sebanyak 36 SKS. Kelompok Mata kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) terdiri atas kelompok Mata kuliah Dasar Keilmuan Pendidikan (MDKP) sebanyak 8 SKS, kelompok Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS) sebanyak 82 SKS, mata kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) sebanyak 4 SKS dan mata kuliah Kuliah Kerja Nyata sebanyak 4 SKS. Kelompok Mata kuliah Peminatan dan Pengembangan Diri (MPPD) dapat diambil seluruhnya oleh mahasiswa di program studi atau diambil sebagian di luar program studi dengan persetujuan dosen penasihat akademik/koordinator program studi. Program studi juga menyediakan kelompok mata kuliah transdisipliner sebanyak 36 SKS yang berasal dari mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan untuk memfasilitasi mahasiswa dari program studi lain. Kurikulum tersebut tersebar ke dalam mata kuliah wajib dan mata kuliah konsentrasi. Jumlah SKS mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika minimal sebanyak 146 SKS. Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika dapat memilih satu konsentrasi dari 4 (empat) konsentrasi yang disediakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika untuk salah satu keahlian: (1) Pendidik; (2) Pebelajar Tingkat Magister; (3) Pengembang Media, dan (4) Peneliti.
Silahkan klik di sini untuk melihat struktur kurikulum secara lengkap beserta mata kuliah yang disajikan.

Staf

Untuk mendukung perkuliahan yang bermutu, staf prodi S1 Pendidikan Matematika didukung oleh beberapa staf pengajar yang kompeten. Sedangkan untuk membantu mahasiswa dalam urusan akademik, terdapat staf administrasi yang siap melayani.
Secara umum, kualifikasi staf pengajar prodi S1 Pendidikan Matematika dapat dilihat pada sajian berikut:

Silahkan klik di sini untuk melihat staf prodi S1 Pendidikan Matematika secara lengkap.

id_IDIndonesian