SCPL S1 Pendidikan Matematika

Berdasarkan kebijakan Mendikbud berupa Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Permen Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 Pasal 5 Ayat 2, serta Standar Pendidikan Universitas Negeri Malang melalui Peraturan Rektor Nomor 16 Tahun 2016 maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi dinyatakan dalam Rumusan Capaian Pembelajaran (CP).

Berikut rumusan standar capaian pembelajaran lulusan (SCPL) program studi S1 Pendidikan Matematika:

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Kapabel menguasai konsep-konsep dasar matematika dan pendidikan matematika yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  4. Kapabel mengaplikasikan teknologi dan inovasi pembelajaran terkini di pendidikan dasar dan menengah serta mengelola dan melaksanakan pembelajaran atau pelatihan non formal yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  5. Kapabel merancang, membuat dan menggunakan/mengaplikasikan media pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif dengan jiwa entrepreneurship sesuai konteks permasalahan dan perkembangan teknologi informasi dan sosial budaya yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  6. Kapabel merancang, melaksanakan dan melaporkan penelitian di bidang pendidikan matematika menggunakan teknologi dan metode penelitian yang sesuai serta memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  7. Memiliki wawasan nilai dan pengetahuan keilmuan pendidikan dan pembelajaran baik secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai seorang pendidik yang kreatif, inovatif, aplikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era kehidupan yang global saat ini.

SCPL S1 Matematika

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012, untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 pasal 5 ayat 2, bahwa Standar Kompetensi Lulusan Prodi dinyatakan dalam rumusan Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL). Berikut rumusan SCPL Program Studi S1 Matematika:
  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamikan global.
  2. Menguasai fakta dan konsep matematika serta mampu menerapkan secara kritis dan kreatif prinsip dan prosedur matematika untuk memecahkan permasalahan matematika.
  3. Kapabel merancang, melaksanakan, dan melaporkan penelitian di bidang analisis, aljabar, pemodelan, terapan, dan implementasinya di berbagai bidang serta mendiseminasikannya dengan mengedepankan kejujuran, keterbukaan, dan dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel).
  4. Kapabel mengakses, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi/data berbantuan teknologi informasi serta menghasilkan data statistik dan indikator-indikator dengan pendekatan transdisplin serta mendiseminasikannya dengan mengedapankan keakuratan dan ketepatan.
  5. Kapabel menganalisa permasalahan, merumuskan algoritma, dan meng-implementasikannya dalam wujud perangkat lunak yang valid serta mendiseminasikannya dengan mengedepankan inovasi, keakuratan, efisien, dan efektif.
id_IDIndonesian