Tim Pengabdian Jurusan Matematika di Kabupaten Blitar.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompetisi populer yang diikuti oleh banyak sekolah di Indonesia mulai jenjang SD sampai SMA. Salah satu bidang lomba dari OSN ini adalah matematika. Banyak siswa calon peserta yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal OSN karena banyak materi lomba yang sedikit berbeda dengan materi di sekolah. Guru-guru di sekolah dituntut untuk bisa mendampingi dan membina siswanya untuk mempersiapkan mengikuti OSN. Namun demikian, banyak guru juga mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang dilombakan dalam OSN. Untuk membantu guru-guru dalam mempersiapkan kegiatan kompetisi ini, tim pengabdian Jurusan Matematika yang terdiri dari Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D, Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D, Dr. Hery Susanto, M.Si, dan Dahliatul Hasanah, S.Si, M.Math.Sc bekerja sama dengan MGMP Matematika SMP Kabupaten Blitar mengadakan pelatihan calon pembina olimpiade bagi Guru SMP di Kabupaten Blitar. Tim pengabdian jurusan Matematika ini juga melibatkan 2 mahasiswa aktif dan satu alumni dalam melaksanakan pengabdian.

Peserta Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Matematika SMP Kabupaten Blitar.

  Kegiatan pelatihan calon pembina olimpiade matematika ini didanai oleh PNBP UM ini memiliki sederetan aktivitas. Kegiatan pertama adalah workshop yang telah dilaksanakan tanggal 20 Juli 2019 di SMPN 2 Wlingi. Kegiatan awal ini dihadiri oleh sekitar 46 guru matematika dari berbagai sekolah SMP di Kabupaten Blitar. Peserta workshop diberikan bekal materi olimpiade matematika yang terdiri atas geometri, teori bilangan, aljabar, dan kombinatorika. Selanjutnya, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan di sekolah masing-masing sampai pertengahan Agustus 2019. Kegiatan berikutnya adalah pelatihan kedua yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 di SMPN 2 Talun yang dihadiri sekitar 56 guru matematika. Acara workshop yang kedua ini antara lain diskusi kesulitan para guru saat mengadakan pembinaan di sekolah mereka, pendalaman materi OSN, dan post test. Disamping itu tim pengabdian juga mengadakan pendalaman materi OSN bagi siswa-siswa SMP yang disiapkan mengikuti OSN tahun 2020. Beberapa hasil dari kegiatan ini adalah beberapa guru sudah berhasil mengadakan pembinaan di sekolah mereka.

Dr. Hery Susanto, M.Si sedang Menyampaikan Materi Olimpiade Matematika.

Di samping itu beberapa guru menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menyelesaikan soal matematika OSN. Pada umumnya para guru merasa puas dengan kegiatan workshop ini dan menyarankan supaya tim pengabdian UM dapat mengadakan lebih banyak kegiatan workshop pembinaan ini.