Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalu pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Program KKN-PPL Terpadu adalah mata kuliah yang memadukan antara kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Keterpaduan kegiatan KKN-PPL ini berupa keterpaduan aspek manajemen dan waktu. Tujuan yang ingin dicapai program KKN-PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang professional, memberi lapangan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah/madrasah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan keahlian sesuai bidangnya, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah.

Peserta KKN-PPL Terpadu di Thailand Selatan ini adalah mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi terpilih di Indonesia salah satunya Universitas Negeri Malang. Dari beberapa perguruan tinggi terpilih tersebut mengirimkan wakil-wakil yang telah menempuh teori perkuliahan dan memenuhi persyaratan akademik melalui proses seleksi dan dinyatakan lolos sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan. Pada tahun 2019, Universitas Negeri Malang mengirimkan 23 mahasiswa (2 mahasiswa pendidikan matematika, 2 mahasiswa PGSD, 4 mahasiswa sastra Arab, 2 mahasiswa sastra Indonesia, 4 mahasiswa bahasa Mandarin, 9 mahasiswa sastra Inggris). KKN-PPL dilaksanakan pada 13 Mei 2019 – 10 Oktober 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia, memiliki tanggungjawab dalam meningkatkan daya saing di kancah internasional, dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Disamping itu, pelaksanaan KKN-PPL Terpadu di luar negeri ini tepatnya di Thailand Selatan, yang meliputi beberapa wilayah yang telah ditentukan oleh Private Schools at Special Zone Association of Songkhla Thailand. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan, baik itu wawasan keislaman maupun sosial budaya dengan mengenal beragam keunikan disuguhkan oleh masyarakat Thailand. Oleh karena itu melalui program KKN-PPL Terpadu di Thailand ini diharapkan mahasiswa mendapat luaran yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain dan hubungan kerjasama bilateral akan semakin berkembang.