Dr. Abd Qohar, M.T dan Syaiful Hamzah sebelum masuk ke tempat pameran.
Sumber: Dokumen Pribadi

Pada tanggal 22 – 26 November 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengikuti Indonesia Science Expo (ISE) 2019 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertempat di ICE BSD Tangerang. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa instansi baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menyajikan ragam kreasi dan inovasi dibidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Ini merupakan kali ketiga FMIPA UM mengikuti event ISE. Setiap jurusan di lingkungan FMIPA turut andil dalam kegiatan ISE 2019 dengan menyajikan berbagai produk pendidikan seusai dengan bidang ditiap jurusan. Dalam kegiatan tersebut, Jurusan Matematika turut berkontribusi dengan menugaskan Dr. Abd Qohar, M.T dan Syaiful Hamzah Nasution, S.Si., M.Pd. Menurut Dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, tujuan FMIPA mengikuti ISE 2019 adalah untuk mempromosikan jurusan-jurusan yang ada di lingkungan FMIPA UM agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Tim ISE FMIPA 2019 sedang berpose di depan stand: siap untuk mempromosikan FMIPA UM.
Sumber: Dokumen Pribadi

Dalam kegiatan ISE 2019, Jurusan Matematika mendisplay beberapa media pembelajaran matematika seperti Ubin Aljabar, Batang Crusainer, Geometry Block, Geometry Puzzle, dan Hologram 3D serta beberapa media pembelajaran berbasis Android. Melalui media tersebut, pengunjung diberikan wawasan dan edukasi tentang belajar matematika menggunakan permainan dan benda benda konkrit. Hal ini bertujuan untuk menarik pengunjung dan memberikan pandangan bahwa belajar matematika tidaklah sulit dan matematika bukanlah “momok” yang ditakuti.

Syaiful Hamzah menjelaskan penggunaan Ubin Aljabar kepada dua siswa SMA.
Sumber: Dokumen Pribadi

Media yang dipamerkan Jurusan Matematika mendapat respon yang sangat baik. Banyak siswa dan bahwa orang tua yang tertarik dengan media pembelajaran yang disajikan. Sebagian besar pengunjung mengatakan bahwa mereka belum tahu media yang didisplay dan manfaatnya. Seperti pada gambar di atas, siswa SMA tampak serius mendengarkan penjalasan tentang Ubin Aljabar. Mereka tidak tahu bahwa Ubin Aljabar tersebut dapat digunakan untuk membantu mereka dalam memfaktorkan persamaan kuadrat.

Tak hanya siswa SMA yang mengunjungi stand Jurusan Matematika, siswa SD pun antusias untuk mencoba Geometry Puzzle, Geometry Block dan Batang Crusainer. Mereka mencoba untuk menyelesaikan permainan dan tantangan yang diberikan dengan rasa penasaran yang tinggi. Orang tua siswa juga memberikan apresiasi yang baik terhadap media pembelajaran matematika yang ditampilkan. Mereka berpendapat bahwa dengan bermain anak anak dapat belajar matematika.

Menjelang sore, pengunjung semakin ramai. Beberapa siswa mencoba dan menyelesaikan tantangan yang diberikan. Ketika mereka tertarik dengan media, tim mulai menjelaskan bahwa media media ini merupakan salah satu diantara banyak media yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Beberapa media dibuat oleh Mahasiswa Jurusan Matematika. “Kami mengajarkan keterampilan membuat media baik media manipulatif dan berbantuan komputer, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran kepada mahasiswa, harapannya agar mereka memiliki bekal untuk menjadi pengajar yang handal. Makanya jangan ragu untuk kuliah di Jurusan Matematika UM” ujar Syaiful Hamzah menutup penjelasan kepada siswa.