Jurusan Matematika UM melaksanakan pengabdian masyarakat dengan judul “Workshop Validasi Soal Test Matematika dengan Aplikasi Program Ministep Pemodelan Rasch Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMA dan SMK Kota Pasuruan”.

Pandemi COVID 19 yang terjadi sejak akhir tahun 2019 berdampak sangat besar pada dunia pendidikan. Di Indonesia, pandemi ini mulai terjadi sejak maret 2020. Menyikapi kejadian ini, kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat edaran no 4 tahun 2020 menyatakan bahwa proses belajar dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh.

Praktik pendidikan daring ini dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan sejak tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Sangat sedikit aktifitas pembelajaran di ruang-ruang kelas sebagaimana lazim dilakukan oleh tenaga pendidik. Termasuk kegiatan evaluasi kebanyakan dilakukan secara daring.

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang menyikapi hal ini dengan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tugas dosen dalam tri dharma perguruan tinggi. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pelatihan kepada guru SMA dan SMK Kota Pasuruan. Pelatihan telah dilakukan pada hari sabtu tanggal 26 september 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom dengan dihadiri oleh 27 guru SMA maupun SMK serta beberapa mahasiswa jurusan matematika FMIPA UM. Pelatihan ini berlangsung dengan lancar dan peserta nampak antusias.

Kegiatan ini dipandu secara daring oleh tim dosen dari Jurusan Matematika UM yang diketuai oleh Bapak Asmianto, S.Si, M.Si. Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh ketua tim dosen dan ketua MGMP Matematika Kota Pasuruan Bapak R. Imam Soebagyo, S.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi penguatan asesmen oleh Ibu Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A. kemudian materi model rasch yang disampaikan oleh Ibu Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si. Selanjutnya, materi instalasi software ministep dipandu oleh Bapak Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D. Materi penyiapan data di software Ministep dipandu Oleh Ibu Azizah, M.Si dan Interpretasi hasil pengolahan data dikotomi dan politomi secara berurutan dipandu oleh Ibu Vita Kusumasari, S.Si, M.Pd, Ph.D  dan Bapak Asmianto, S.Si, M.Si.

Kegiatan berlangsung secara interaktif dan peserta ikut serta mempraktekkan langsung di komputer masing – masing. Diakhir kegiatan, koordinator  MGMP berharap kegiatan seperti ini dapat secara rutin dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan para guru SMA dan SMK di kota Pasuruan.

 

Gambar 1. Judul pengabdian Dosen Matematika, FMIPA, UM di Kota Pasuruan.

 

Gambar 2. Pembukaan Kegiatan Pengabdian oleh Asmianto, S.Si., M.Si.

 

Gambar 3. Pengenalan Model Rasch oleh Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si

 

Gambar 4. Materi Penguatan Asesmen oleh Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A.

 

Gambar 5. Materi Penyiapan Data di software Ministep oleh Azizah,S.Pd., M.Si

 

Gambar 6. Materi Interpretasi Hasil Pengolahan Data Dikotomi Oleh Vita Kusumasari, S.Si, M.Pd, Ph.D