Salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi  adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuknya adalah memberikan layanan penyedia tenaga pendampingan bagi guru dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar khususnya dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu tim Pengadian kepada Masyarakat  (PkM) Jurusan Matematika yang terdiri dari dosen Jurusan Matematika UM yaitu Mohammad Agung, S.Pd, M.Sc, Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D, Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si, M.Pd, Syaiful Hamzah Nasution, S.Si, M.Pd, Vita Kusumasari, S.Si, M.Pd, Ph.D, dan mahasiswa yaitu Qori Qurratul Ayuni, dan Noeri Itsnaniyah mengadakan pengabdian kepada Guru-Guru Matematika SMA di Kabupaten Malang dengan judul “Pelatihan Software Geogebra dan LMS Schoology Bagi Guru Matematika SMA Se Kabupaten Malang”. Kegiatan ini didanai oleh PNBP Fakultas MIPA UM.

Untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 maka pelaksanaan kegiatan PkM ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.  Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 24 Agustus 2020 dan 27 Agustus 2020, mulai pukul 8.00 WIB sampai selesai. Peserta kegiatan merupakan guru matematika SMA di Kabupaten Malang yang berjumlah 15 orang. Acara pembukaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2020 dan dipandu oleh Qori Qurratul Ayuni selaku MC. Sambutan pembukaan dari tim dosen Jurusan Matematika UM disampaikan oleh Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D, sedangkan dari pihak MGMP Kabupaten Malang sambutan disampaikan oleh Muhammad Budi Santoso, S.Pd.

Penyampaian materi tentang Geogebra disampaikan oleh Mohammad Agung, S.Pd, M.Sc dan dimoderatori oleh Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si, M.Pd. Materi ini disampaikan pada tanggal 24 Agustus 2020 dan berlangsung dengan lancar. Sedangkan materi mengenai LMS Schoology disampaikan oleh Syaiful Hamzah Nasution, S.Si, M.Pd pada tanggal 27 Agustus 2020 dan dipandu oleh Vita Kusumasari, S.Si, M.Pd, Ph.D selaku moderator. Untuk pelaksanaan hari kedua terjadi sedikit kendala karena server LMS Schoology sedang melakukan maintenance sehingga para peserta tidak bisa membuat akun sebagai “teacher”. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan Geogebra sebagai salah satu media untuk menyampaikan materi di kelasnya, serta dapat memanfaatkan LMS Schoology sebagai alternatif pembelajaran daring pada masa pandemi ini.