Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Komputasi merupakan salah satu KBK Matematika. KBK ini fokus pada kajian tentang kaitan antara matematika dengan komputer serta aplikasi satu atau beberapa konsep pada matematika untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan programming dan algoritma.

Personalia

Ketua KBK : Lucky Tri Oktoviana, S.Si., M.Kom
Bidang Keahlian :
Email : lucky.tri.fmipa@um.ac.id
Sekretaris : Dra. Susy Kuspambudi Andaini, M.Kom
Bidang Keahlian :
Email : susy.kuspambudi.fmipa@um.ac.id
Anggota : Darmawan Satyananda, S.T., M.T
Bidang Keahlian :
Email : darmawan.satyananda.fmipa@um.ac.id
Anggota : Mahmuddin Yunus, S.Kom, M.Cs
Bidang Keahlian :
Email : mahmuddin.yunus.fmipa@um.ac.id
Anggota : Mohamad Yasin, S.Kom, M.Kom
Bidang Keahlian :
Email : mohamad.yasin.fmipa@um.ac.id

Payung Penelitian KBK Komputasi

TemaPenelitian UtamaPenelitian
Penerapan Komputasi di Bidang Matematika   1. Penelitian Kecerdasan Buatan
2. Penelitian Pengolahan Citra Digital
3. Penelitian Sistem Informasi dan Basis Data
4. Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer
5. Pengembangan Web Berbasis Sharing Prosess
1.1. Penerapan kecerdasan buatan untuk permasalahan optimalisasi
1.2. Kecerdasan buatan untuk pengambilan keputusan
1.3. Algoritma optimasi yang terinspirasi dari Biologi (bio-inspired)
1.4. Metode-metode untuk perbaikan solusi awal
1.5. Komputasi multiprocessor
2.1. Penerapan citra digital untuk permasalahan pengenalan pola (sperti pengenalan sidik jari, tanda tangan, wajah, digital signature, kriptografi)
2.2. Penerapan berbagai metode untuk proses perbaiakan citra digital
3.1. Pengembangan Sistem Informasi berbasis web / mobile
3.2. Pengolahan database untuk menunjang pengambilan keputusan
4.1. Pengembangan game/animasi pembelajaran matematika
4.2. Pengembangan media pembelajaran matematika
5.1. Pengembangan Situs Web Usaha Kecil dan dampaknya, Intensitas Komunikasi, dan Kinerja
5.2. Pelaku Teknologi Informasi dan bisnis
5.3. Implementasi Template Media Pengelolaan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil
5.4. Penerapan Periklanan dan pemasaran melalui Internet