PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Spesifikasi Prodi

Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang
Fakultas : MIPA
Jurusan : Matematika
Prodi : S1 Pendidikan Matematika
Kode Prodi : 84202
Akreditasi Prodi : A
Jenjang Pendidikan : S1
Jenjang Kualifikasi : 6
Gelar Lulusan : S.Pd

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan matematika.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan matematika dan pendidikan matematika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan peran dan citra Program Studi Pendidikan Matematika.

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Program Studi Pendidikan Matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di lingkup pendidikan dasar dan menengah dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan program studi dalam penyusunan program-program strategis berdasarkan evaluasi diri.

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan matematika yang mampu mendidik, membuat media, meneliti, melanjutkan studi, mengikuti perkembangan teknologi informasi dan sosial budaya, dan memiliki jiwa entrepreneurship.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Permen Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 Pasal 5 Ayat 2 bahwa Standar Kompetensi Lulusan Prodi dinyatakan dalam Rumusan Capaian Pembelajaran (CP). Berikut rumusan standar capaian pembelajaran lulusan (SCPL) program studi S1 Pendidikan Matematika.

  1. Kapabel menguasai konsep-konsep dasar matematika dan pendidikan matematika yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  2. Kapabel mengaplikasikan teknologi dan inovasi pembelajaran terkini di pendidikan dasar dan menengah serta mengelola dan melaksanakan pembelajaran atau pelatihan non formal yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  3. Kapabel merancang, membuat dan menggunakan/mengaplikasikan media pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif dengan jiwa entrepreneurshipsesuai konteks permasalahan dan perkembangan teknologi informasi dan sosial budaya yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  4. Kapabel merancang, melaksanakan dan melaporkan penelitian di bidang pendidikan matematika menggunakan teknologi dan metode penelitian yang sesuai serta memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  5. Kapabel menyelesaikan studi lanjut matematika atau pendidikan matematika dengan hasil baik dan tepat waktu yang memiliki nilai-nilai ketakwaan, kebangsaan, kemanusiaan, dan menunjukkannya dalam kepribadian dan perilaku mulia serta mampu menerapkan praktik etika ilmiah dan etika kehidupan bermasyarakat.
  6. Memiliki wawasan nilai dan pengetahuan keilmuan pendidikan dan pembelajaran baik secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai seorang pendidik yang kreatif, inovatif, aplikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era kehidupan yang global saat ini.