PROGRAM STUDI MAGISTER MATEMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

SPESIFIKASI PRODI

Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang
Fakultas : MIPA
Jurusan : S2 Matematika
Prodi : Magister Matematika
Kode Prodi : –
Akreditasi Prodi : C
Jenjang Pendidikan : S2
Jenjang Kualifikasi : 8
Gelar Lulusan : M.Si

VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi

Menjadi Program Studi Magister Matematika unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan penerapannya di tingkat nasional pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika dan penerapannya yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika dan penerapannya yang bermanfaat bagi pengembangan matematika dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang matematika dan penerapannya yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi magister yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan magister matematika yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam matematika dan penerapannya.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat pada bidang matematika dan penerapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja program studi magister yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan di atas, maka ditetapkan profil lulusan Program Studi Magister Matematika FMIPA UM adalah sebagai berikut.

  1. Akademisi Matematika.
  2. Peneliti Matematika.
  3. Perancang Model Matematika

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Program Studi Magister Matematika dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan ilmu matematika melalui penalaran dan penelitian berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mampu memodelkan permasalahan yang berkaitan dengan matematika, khususnya bidang aljabar, dan matematika terapan pada bidang ilmuyang lain atau pada permasalahan praktis.
  3. Mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan matematika, khususnya bidang aljabar, dan matematika terapan pada bidang ilmuyang lain atau pada permasalahan praktis.
  4. Mampu membelajarkan matematika di perguruan tinggi.
  5. Mampu menunjukkan perilaku berbudaya belajar dan beretos kerja.
  6. Mampu bekerjasama dengan orang lain dan menjunjung tinggi etika keilmuan dan profesi.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran (learning outcomes) yang dihasilkan oleh pendidikan jenjang magister harus setara dengan jenjang kualifikasi level 8 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terdapat pada Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012, yakni sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter- atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.