PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Spesifikasi Prodi
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang
Fakultas : MIPA Jurusan : Matematika
Prodi : S2 Pendidikan Matematika
Kode Prodi : –
Akreditasi Prodi : A
Jenjang Pendidikan : S2
Jenjang Kualifikasi : 8
Gelar Lulusan : M.Pd

VISI, MISI,TUJUAN, PROFIL LULUSAN DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Visi

Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang sebagai penyelenggara Program Magister Pendidikan Matematika yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan, penelitian, penerapan ilmu dan teknologi bidang pendidikan matematika, dengan azas keseimbangan antara wawasan global, nasional dan lokal.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran melalui peningkatan kualitas pembelajaran, sarana prasarana, dan dosen secara berkesinambungan untuk menghasilkan guru matematika yang profesional dan ahli pembelajaran matematika yang kompeten .
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk pengembangan pendidikan yang bermutu, relevan, dan berdaya saing serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian matematika dengan membangun organisasi yang sehat melalui tata kelola, transparasi, dan bercitra.

Tujuan

Program Studi Magister Pendidikan Matematika bertujuan untuk menghasilkan tenaga akademik dan profesional bidang pendidikan matematika yang memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmunya dalam membina dan mengajarkan matakuliah bidang pendidikan matematika serta mengembangkan pendidikan matematika.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut memerlukan serangkaian perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penilaian keberhasilan program. Perencanaan program studi berorientasi pada perencanaan kurikulum yang berlaku pada program studi.. Kurikulum tersebut dievaluasi secara terus menerus. Secara formal, kurikulum tersebut dievaluasi pada selang setiap satu tahun. Pelaksanaan program studi berorientasi pada penyelenggaraan perkuliahan yang dikoordinasi Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika.

PROFIL LULUSAN

Program Studi Magister Pendidikan Matematika dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu merancang dan melaksanakan pendidikan dan pembelajaran matematika sehingga mampu mendidik dan membelajarkan mahasiswa pada jenjang S1 dan siswa pada jenjang sekolah secara efektif, efisien dan menarik.
  2. Mampu mengevaluasi proses dan program pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  3. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian, serta menggunakan hasil-hasil penelitian pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran matematika.
  4. Mampu mengembangkan program pembelajaran matematika secara inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan di atas, maka ditetapkan profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana UM adalah sebagai berikut:
1. AkademisiPendidikan Matematika
2. Peneliti Pendidikan Matematika
3. Pengembang dan Konsultan Pendidikan Matematika

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 8 (S-2) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2014, maka Standar Kompetensi Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Matematika dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam pendidikan matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional

Pengetahuan

  1. Mengembangkan konsep dan prinsip pedagogik dan keilmuan matematika melalui pemanfaatan Ipteks.
  2. Mengembangkan perencanaan, pengelolaan, implementasi, dan evaluasi, dalam praktik pendidikan matematika.
  3. Mengembangkan praktik pendidikan matematika yang inovatif.
  4. Memecahkan permasalahan pendidikan matematika melalui kajian pedagogik dan keilmuan matematika.
  5. Memecahkan permaslahan melalui kajian integrative pedagogik, keilmuan matematik, dan menejemen pengelolahan pendidikan matematika.

Manajerial

  1. Mengelola penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pengembangan pendidikan matematika.
  2. Mengembangkan penelitian pendidikan matematika yang inovatif dan mempublikasikan hasilnya secara nasional atau internasional.