PROGRAM STUDI DOKTOR PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Spesifikasi Prodi

Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang
Fakultas : MIPA
Jurusan : Matematika
Prodi : S3 Pendidikan Matematika
Kode Prodi : –
Akreditasi Prodi : B
Jenjang Pendidikan : S3
Jenjang Kualifikasi : 9
Gelar Lulusan : Dr.

VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL LULUSAN DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Visi

Program Studi S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana UM sebagai center of excellence dan rujukan pengembangan pendidikan, penelitian, penerapan ilmu dan teknologi bidang pendidikan matematika.

Misi

Menghasilkan tenaga pengembang bidang pendidikan matematika yang mempunyai kompetensi melakukan analisis dan mengembangkan wacana (discourses) sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pengembang bidang pendidikan matematika yang mempunyai kopetensi melakukan analisis dan mengembangkan wacana (discourses) sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk pengembangan pendidikan yang bermutu, relevan, dan berdaya saing.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan matematika dengan membangun organisasi yang sehat melalui penguatan tata kelola, transparansi, dan pencitraan.

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika meliputi:

  1. Akademisi Senior Pendidikan Matematika.
  2. Peneliti Utama Pendidikan Matematika.
  3. Pengembang dan Konsultan Ahli Pendidikan Matematika

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Program Studi Doktor Pendidikan Matematika dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 9 (S-3) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2014, maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi S3 Pendidikan dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S-3 Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Ketrampilan

Ketrampilan Umum

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks.
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
  4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan melalui kajian integratif pemanfaatan matematika dalam kehidupan, pedagogik, keilmuan matematika, dan manajemen pengelolaan pendidikan matematika, sehingga menghasilkan kerangka konseptual (teori) yang bermanfaat untuk pemecahan masalah pendidikan matematika.
  2. Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan Ipteks melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner, sehingga menghasilkan metode baru untuk pemecahan masalah pendidikan matematika yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pengetahuan

  1. Menguasai pengembangan konsep dan prinsip pedagogi dan keilmuan matematika melalui pemanfaatan Ipteks, sehingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, orginal, dan teruji melalui riset yang bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Menguasai konsep dan prinsip dalam mengembangkan perencanaan, pengelolaan, implementasi, dan evaluasi melalui kajian riset, sehingga menghasilkan praktik pendidikan matematika yang berkualitas, original, efektif, efisien, dan teruji dalam praktik pendidikan matematika.
  3. Menguasai konsep dan prinsip dalam mengembangkan praktik pendidikan matematika yang orginal, kreatif, inovatif melalui riset dan publikasi, sehingga menghasilkan kerangka teori pendidikan yang applicable.

Manajerial

  1. Mampu mengembangkan penelitian untuk memperoleh teori baru dalam pendidikan matematika dan mempublikasikannya di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mampu menggagas ide, pengelolaan, dan memimpin penelitian yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat dan pengembangan pendidikan matematika.
  3. Mampu mengembangkan penelitian pendidikan matematika secara mandiri