Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Departemen Matematika UM. Salah satu tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kerja sama dengan MGMP Matematika SMP Kota Malang untuk mengadakan workshop pembelajaran berbasis project based learning dalam rangka menyambut kurikulum 2022.

Mulai tahun 2022 pemerintah mengeluarkan kurikulum baru yang disebut dengan kurikulum prototipe. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan karakter profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis projek. Pembelajaran berbasis projek ini penting untuk pengembangan karakter siswa karena memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman, mengintegrasikan kompeteni esensial yang dipelajari peserta didik dari berbagai disiplin ilmu, dan struktur belajar yang fleksibel.

Untuk mengetahui apakah para guru matematika SMP di kota Malang sudah siap menerapkan kuriikulum baru ini, pada bulan Januari 2022 tim pengabdian kepada masyarakat menyebarkan angket secara online kepada guru-guru SMP di kota Malang. Berdasarkan data yang terkumpul dari 55 guru yang mengisi angket, ternyata hanya sekitar 10% guru yang pernah mengikuti sosialisasi kurikulum 2022 dan yang pernah melakukan pembelajaran berdasarkan project based learning. Hal ini berarti para guru SMP di kota Malang masih belum siap menyongsong kurikulum 2022 dan menyelenggarakan pembelajaran berbasis project based learning.

Oleh karena itu tim pengabdian kepada masyarakat jurusan matematika UM bekerja sama dengan MGMP Matematika SMP kota Malang akan mengadakan workshop pembelajaran berbasis project based learning dalam rangka menyongsong kurikulum 2022. Diharapkan setelah mengikuti workshop ini para guru siap melakukan pembelajaran berbasis project based learning di era kurikulum 2022.

Tim pengabdian mengadakan workshop sebanyak 2 kali pada tanggal 11 Agustus 2022 dan 25 Agustus 2022. Pada workshop pertama tim pengabdian memberikan teori pembelajaran project based learning, penerapan pembelajaran project based learning pada kurikulum 2022, dan penilaian pembelajaran project based learning. Di samping itu tim pengabdian memberikan tugas kepada para guru untuk menyusun pembelajaran berbasis project based learning. Pada workshop kedua para guru yang sudah dibagi menjadi 8 kelompok diminta mempresentasikan tugas mereka dan mendiskusikannya dengan guru lain dan tim pengabdian. Ada 4 tema yang diajukan oleh kedelapan kelompok tersebut yaitu tentang lingkungan, suara demokrasi, bangunlah jiwa raga, dan wirausaha. Diharapkan workshop ini dapat memotivasi dan memperlengkapi para guru dalam menyongsong kurikulum 2022.

Foto-foto Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Tanggal 11 Agustus 2022