Monograf Varian TSP-VRP dan Penerapannya

Penulis: Sapti Wahyuningsih, M.Si.

Materi teori graph selalu menarik untuk dikaji dan dikembangkan pembahasannya karena dapat digunakan untuk memodelkan masalah nyata misalnya untuk memodelkan masalah optimalisasi rute dan masalah distribusi. Kajian teori graph yang sering digunakan untuk menyelesaikan masalah distribusi adalah varian Travelling Salesman Problem (TSP) dan varian Vehicle Routing Problem (VRP). Penelitian tentang varian TSP, varian VRP, bermacam-macam algoritma serta aplikasinya telah dilakukan oleh penulis.

Monograf perlu ditulis untuk merangkai hasil penelitian dan dikembangkan dengan referensi mutakhir yang relevan. Hal ini karena trend pembahasan varian TSP maupun varian VRP masih terus dapat dikembangkan sehingga beberapa topiknya masih bisa dikaji dalam pembahasan skripsi mahasiswa.

Kelebihan monograf varian TSP dan varian VRP ini dibandingkan dengan monograf lain atau buku teks yg saat telah tersedia di pasaran adalah adanya contoh studi kasus atau penerapan pada masalah real. Pengajuan contoh-contoh studi kasus dengan mendiskripsikan secara singkat profil perusahaan/instansi, beberapa devisi/bagian, narasi masalah, metode atau algoritma yang sesuai dan rancangan alat bantu program yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah nyata. Monograf terdiri terdiri atas 5 bab. Bab I Pendahuluan, Bab 2 Varian TSP, Bab 3 Penerapan varian TSP, Bab 4 Varian VRP dan Bab 5 Penerapan varian VRP.

File lengkap dari Monograf dapat didownload melalui link download berikut ini: